SURAT HITLER TENTANG 'PEMUSNAHAN' ETNIS YAHUDI DIPAMERKAN

Sebuah dokumen yang dipahami sebagai pernyataan yang ditulis oleh Adolf Hitler soal penghapusan sistematis orang Yahudi dari masyarakat dipamerkan pertama kali pada publik di Los Angeles.
Surat empat halaman, diketik di atas kertas coklat pudar dan bantalan tanda tangan Hitler, sebelumnya secara terbatas ditunjukkan di depan umum di New York. Sejumlah kalangan menyebut surat ini sebagai artefak kunci dalam catatan sejarah Holocaust. Museum Toleransi pusat di Los Angeles dipilih menjadi lokasi pemajangan surat ini.
Pendiri Simon Wiesenthal Centre, Rabbi Marvin Hier, mengatakan itu adalah salah satu dokumen yang paling penting dari periode yang menunjukkan perkembangan pemikiran antisemit Hitler."Ini adalah item paling penting yang kita miliki dalam arsip lebih dari 50.000 benda," kata Hier, menambahkan bahwa hal itu akan digunakan untuk mendidik generasi masa depan dan untuk melawan penolakan Holocaust.
Beberapa ahli yakin keaslian dokumen itu. Surat ini kerap disebut 'surat Gemlich'. Salinan yang belum ditandatangani ada di arsip negara di Munich.
Hitler menulis surat di Munich pada tanggal 16 September 1919. Saat berusia 30, dia sudah mulai menunjukkan minat dalam politik. Sesaat sebelum menulis surat ia menghadiri pertemuan partai, yang kemudian ia mengambil alih dan diubah menjadi Partai Buruh Nasional Sosialis Jerman.
Pada saat itu ia berada di sebuah unit propaganda tentara Jerman yang mencoba untuk melawan pengaruh Bolshevik di antara tentara yang kembali dari front Rusia pada akhir perang dunia pertama. Komandannya, Kapten Karl Mayr, mengatakan Hitler untuk menanggapi pertanyaan dari Adolf Gemlich, yang ingin mengetahui posisi angkatan darat dalam penyikapan terhadap Yahudi.
Dalam jawabannya, Hitler menyemburkan cacian antisemit, di mana dia mengatakan orang-orang Yahudi "materialis murni dalam pikiran dan aspirasi" dan bahwa efek mereka adalah "menyebarkan tubercolusis rasial bagi bangsa."
Surat itu dibeli Simon Wiesenthal Centre seharga 150 ribu dolar AS dari seorang pedagang artefak sejarah. Surat itu diklaim sebelumnya dimiliki seorang tentara Amerika yang didapatkannya tahun 1945 dari sebuah arsip Nazi dekat Nuremberg.
Pusat ini memiliki kesempatan untuk membelinya pada tahun 1988 tapi ragu-ragu tentang asalnya, terutama kenyataan bahwa surat itu dibuat dengan mesin ketik - objek langka dan mahal pada tahun 1919. Hier mengatakan keraguan mereka telah diredakan ketika mereka menyadari bahwa Hitler bekerja untuk tentara dan akan memiliki akses ke mesin ketik.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...