KUNYIT YANG BERMANFAAT SEBAGAI OBAT ALAMI


Di Timur Tengah dan Indonesia sebagai bumbu masakan. Namun, di Korea pada mulanya kunyit dikenal sebagai pewarna kuning untuk pakaian. Kunyit yang termasuk dalam tanaman rempah ini tumbuh menyebar dikawasan Asia terutama Asia Tenggara dan menyebar hingga kawasan Afrika. Selain sebagai bumbu masakan dan pewarna pakaian, kunyit juga dikenal sebagai obat alami. Bagi masyarakat yang menyukai pengobatan herbal atau tradisional, pasti sudah tau penyakit apa saja yang dapat diobati dengan kunyit. Bagi orang kota mungkin belum banyak tau jika kunyit dapat menyebuhkan penyakit seperti Diabetes mellitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Keputihan, Haid yang tidak lancar, Mulas saat haid, Amandel, Morbili,  Memperlancar ASI, Penyakit kulit, Panas dalam, dan Rasa tak nyaman di mulut seperti sariawan, atau gatal pada tenggorokan.

Berikut cara penyembuhan berbagai penyakit dengan Kunyit :


1.       Diabetes mellitus
Bahan             : 3 buah kunyit, ½ sendok teh garam
Cara               : Rebus kunyit dan garam dalam 1 liter air, setelah mendidih saring air tersebut lalu tuangkan sampai ½ gelas lalu diminum. Lakukan hal ini sebanyak 2 x seminggu.

 
2.       Tifus
Bahan            : 2 buat Kunyit, 1 bonggol daun sereh, dan 1 lembar daun sambiloto
Cara              : Tumbuk semua bahan sampai halus campurkan dengan 1 gelas air hangat, lalu disaring. Minum air hasil saringan tersebut selama 1 minggu berturut-turut.

3.       Usus buntu
Bahan            : 1 buat kunyit, 1 buah jeruk nipis, 1 potong gula aren, dan garam secukupnya
Cara              : Parut kunyit dan peras jeruk nipis, setelah itu campurkan dengan bahan lain dan diseduh dalam 1 gelas air panas, lalu disaring. Minum air hasil saringan tersebut setiap pagi setelah makan pagi secara teratur.


4.       Disentri
Bahan            : 1 atau 2 buah kunyit, Gambir atau getah untuk menyirih dan kapur sirih secukupnya.
Cara              : Semua bahan tersebut dirubus dengan 2 gelas air lalu dibiarkan hingga tersisa 1 gelar air. Setelah itu saring dan minum setiap hari sampai sembuh.
 
5.       Keputihan
Bahan            : 2 buah kunyit, 1 buah asem jawa, 1 genggam daun beluntas, dan 1 potong gula aren.
Cara              : Semua bahan dibersihkan lalu direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Minum air saringan tersebut sebanyak 1 gelas sehari.

6.       Haid yang tidak lancar
Bahan            : 2 buah kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala, ½ genggam daun srigading
Cara              : Tumbuk semua bahan sampai halus lalu di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Minum hasil saringan tersebut 1 gelas sehari.

7.       Mulas saat haid
Bahan            : 1 buah kunyit sebesar 4 cm, 1 buat jahe sebesar 4 cm, 1 buah jeruk nipis, dan ½ buah kencur.
Cara              : semua bahan dicuci bersih lalu kunyit, jahe,dan kencur diparut untuk diambil airnya. Tambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Diseduh dengan ½ gelas air panas dan disaring. Tambahkan gula dan garam secukurnya sesuai selera lalu diminum saat hari pertama haid.

8.       Amandel
Bahan            : 1 buah kunyit, 1 buah jeruk nipis, dan 2 sendok madu
Cara              : Parut kunyit dan peras jeruk nipis untuk diambil airnya. Campurkan dengan madu dan ½ gelas diaduk sampai merata, lalu diminum 2 x sehari.

9.   Morbili
Bahan            : 1 buah kunyit dan 1 rimpang dringo bengle
Cara              : Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu dioleskan pada tubh yang bengkak seperti bedak.

10.       Memperlancar ASI
Bahan            : 1 buah kunyit
Cara              : Tumbuk kunyit hingga halus, lalu dioleskan pada buah dada seperti kompres. Lakukan 2 hari sekali.

11.       Sariawan dan gatal di tenggorokan
Bahan            : 1 buah kunyit, garam secukupnya, dan 1 sendok madu
Cara              : Parut kunyit untuk diambil airnya. Air hasil parutan kunyit ditambahkan dengan garam dan madu lalu di minum sehari sekali sampai penyakit hilang.

12.       Penyakit kulit atau gatal-gatal
Bahan            : 1 buah kunyit, ½ genggam biji cengkeh, dan 2 bunga melati
Cara              : parut kunyit dan tumbuk biji cengkeh hingga halus. Campurkan parutan kunyit dengan cengkeh dan bunga melati lalu diremas-remas. Lalu balurkan pada tubuh yang gatal.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...