TIPS MEMILIH BUAH KURMA

Walaupun kita bukan orang arab sob, buah kurma seakan-akan sudah menjadi identik pada setiap bulan puasa di negeri kita.  kurma pasti banyak atau sering kita jumpai di jalan-jalan, supermarket maupun di pasar-pasar tradisional.
Sabda rasululah yang menyarankan agar kita mengutamakan memakan makanan yang manis ketika berbuka puasa, memang maknyus sob untuk kesehatan kita. Kurma memang mengandung gizi dan manfaatnya yang baik ketika kita konsumsi di bulan puasa, begitu terasa bila kita makan setelah minum yang segaar-segar.
Namun, sobat atau agan sekalian mesti hati-hati dalam membeli kurma yang diperjual belikan dipasar, tidak semuanya berkualitas baik lho. Nah berikut ini tips memilih kurma yang akan kita beli:
1. Dikemas dengan baik
Perhatikan cara perawatanya, bungkusannya, jangan biarkan buah kurma tanpa di kemas yang baik, terutama yang di beli di pinggir jalan. Debu dan asap kendaraan yang menempel di buah kurma dapat menggangu kesehatan.
 
2. Kulit arinya tidak rusak
Sobat perhatiakan buah kurma yang hendak di beli, lihat dengan teliti. Apakah buah tersebut sudah terkelupas, jika sudah terkelupas mungkin bisa disebabkan banyak faktor, terutama banyak jamahan tangan-tangan manusia atau sudah pernah jatuh ketanah yang menyebabkan buah tersebut mudah terkontaminasi yang menggangu kesehatan.
 
3. Bentuknya Besar, bukan kecil-kecil
Buah kurma yang baik adalah besar bukan kecil-kecil. Jika kecil-kecil berarti buah tersebut sudah terlalu lama mengering, memang masih bisa untuk di makan dan tetap sehat buat kita, tapi buah tersebut kurang baik untuk dibeli dan jika sobat tetap membelinya, tawar menawarlah dengan pedagangnya, hehe
 
4. Tidak lengket saat dipegang
Kurma yang lengket berarti ada tambahan gula atau madu. Kita semua tentu ingin kurma yang alami tanpa tambahan bahan apapun. Walaupun tambahan madu, tentu para penjual ada alasan dalam menambah madu, mungkin kurma tersebut sudah tidak baik atau ingin mebuat kurmanya semakin manis.
 
5. Warnanya coklat, merah dan kekuning-kuningan
Nah silahkan sobat perhatikan buah tersebut, apakah cocok dengan warna yang di atas, jika terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama. Jika sobat tetap memilih buah tersebut, yaa tidak apa-apa karena kurma memang tahan lama. tapi kita sebagai pembeli tentu ingin yang terbaik bukan?
 
6. Jika dimakan rasa, tekstur dan aroma normal
Rasa yang normal dan tekstur yang tidak keras menandakan buah kurma yang kita beli masih terjaga dengan baik. dan silahkan sobat rasa dulu sebelum membeli. Untuk yang rasa ini memang ane sedikit bingung nih sob, tapi coba sobat banding-bandingkan dulu lah dengan kurma yang lain, yang menurut sobat lebih baik dan tidak ada tambahan bahan apapun, terutama berbahan kimia.
 
7. Ada izin dari departemen kesehatan
Saya sarankan jika beli kurma ditempat-tempat yang baik. Tidak dipinggir jalan, karena seperti supermarket atau mall itu sudah ada izin dari departemen kesehatan. Namun jika sobat ingin tetap membeli yang murah dan banyak, sobat tetap bisa beli di pinggir jalan atau di pasar tradisional, tentu sobat harus perhatikan cara pedagangnya dalam menjajakan daganganya. Itu tergantung diri sobat masing-masing loh, karena di tempat saya ada pedagang kurma dipinggir jalan, tapi dia benar-benar mejaga kebersihan buah yang di jualnya loh,,hehe

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...