TRIK PERBAIKI KARTU GRAFIS 'VGA' YANG RUSAK DENGAN MEMANGGANGNYA DALAM OVEN

Trik Perbaiki Kartu Grafis 'VGA' yang Rusak dengan Memanggangnya Dalam Oven - Layar komputer tiba-tiba mengeluarkan artifak atau gambar yang aneh? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena kartu grafismu sekarat. Daripada dibuang, coba dulu cara yang satu ini: Panggang di dalam oven.



contoh artifak - tanda kartu grafis rusak / sekarat

Tentu saja cara ini hanya dilakukan apabila kamu yakin kartu grafismu benar-benar sekarat, sudah tidak memiliki garansi dan ongkos perbaikannya lebih tinggi daripada harga sebuah kartu grafis / vga yang baru.

Langkah-langkah perbaikannya seperti berikut:
  • Telanjangi kartu grafis dan lepas semua bagian kartu grafis yang terbuat dari plastik, terutama kipas pendingin (heatsink).
  • Siapkan nampan yang dilapisi aluminium foil sebagai alas dan buat 4 buah bola-bola kecil dari aluminium foil sebagai "kaki" agar kartu grafis tidak menyentuh nampan secara langsung.
  • Masukan kartu grafis beserta nampan tersebut kedalam oven dan panggang dalam suhu 385o F atau 196o C selama 8 menit.
  • Sebelum dimasukan lagi kedalam CPU, pastikan kartu grafis sudah kembali ke suhu normal.

Bagaimana cara diatas bisa menyelamatkan kartu grafis dari kerusakan? Hal ini dikarenakan seringkali kinerja kartu grafis terganggu atau menjadi rusak karena sambungan solder yang mengendor atau lepas. Dengan dipanaskan didalam oven, sambungan solder tersebut akan mencair dan menyambungkan kembali apa yang sebelumnya longgar. Para ahli elektronik biasanya menggunakan heat gun untuk melakukan teknik perbaikan yang sama. Namun tentu dibandingkan oven, heat gun bukanlah benda yang mudah kamu temui di rumah.

Lihat bagaimana Linus Sebastian, seorang pakar hardware dari NCIX Tech Tips, menggunakan cara tersebut untuk mencoba memperbaiki karu grafisnya yang rusak dalam video YouTube dibawah ini. Meskipun dalam contoh kasus tersebut dirinya tidak berhasil, Disini kamu bisa menemukan beberapa hardware seperti Laptop dan monitor LCD yang sukses hidup kembali dengan teknik diatas.





Sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...