IKAN HIAS SAPU-SAPU


emangnya apasih manfaatnya ikan sapu-sapu, padahal kan dia cuma OFFICE BOY di aquarium ikan hias doank, tapi kq dia dipangdang istimewa ya???

Ikan sapu-sapu tergolong binatang tahan hidup dalam segala suasana . Kolam, got, kalen yang sudah tercemar limbah pabrik, bukan merupakan halangan bagi mereka untuk beranak pinak. Padahal ikan “tahan banting” lainnya seperti mujair sudah lama klepek-klepek semaput.

Di perairan Ciliwung  bapak-bapak dan anak-anak pada menjaring ikan dengan kulit sekasar salak, kalau makan nungging (kata bahasa ikan lho).  Setelah kulit di klotoki, daging putihnya dicincang menjadi Somay dan Bakso ikan yang lezat yang ngider keliling kampung pakai sepeda dengan kotak kayu dibelakangnya. Kita percaya saja lantaran di kotak papan penjual tertera “Tengiri.” -Yang dikuatirkan, karena dia tahan cuaca tahan limbah, maka dagingnya meneruskan limbah berat ke darah kita.
Salah satu karakter ikan ini biasanya pemalas. Jatahnya makan lumut, tapi kalau sudah mencobai rasa pelet, ibarat pemakan sayuran pindah ke protenian, dan lumut kita semakin subur menggelora lantaran “predator” nya sudah tidak menaruh selera.
salah satu pemelihara arwana ada yang sudah seukuran Bandeng Imlek  buat pesta saudara kita ber tahun baru sebentar lagi. Tahu-tahu pagi-pagi kedapatan “dut” lantaran terjun bebas ke lantai marmer. Besoknya dia beli lagi.
Tapi  tidak terkagum dengan Arwananya yang kalau lagi melotot dan memerahkan sisiknya kok mirip Raja Rahwana, ketimbang dewa rejeki.
Yang  amati adalah atraksi sapu-sapu yang bisa seperti “interniran Jepang mabuk gadung” – mereka bisa berlarian kian kemari berjam-jam mengelilingi akuarium dengan stamina setara serdadu  Yunani bernama Pheidippides pada 490SM yang mencetuskan lari marathon.
ng ketika foto diambil dalam satu kesempatan maka  pak Sarengat atawa Gurnam Singh dari dunia ikan ini sedang malas berlari. Rupa-rupanya dia sedang berusaha PDKT dengan ikan sejenis yang warnanya lebih cerah. Mungkin kalau istilah dunia kita memperbaiki keturunan.
Jangan-jangan atraksi berlari dan terus berlalri mengejar sang Putri adalah kebiasaan ikan ini yang baru  ketahui.
Jenis-jenis
Pleco memang keren. Beda banget sama ikan sapu-sapu biasa.

Pleco Zebra 


Pleco jenis zebra, konon paling banyak dipelihara. Motifnya seperti belang kuda zebra. Pleco cantik ini termasuk ikan langka. Itulah yang membuat harganya jadi sangat mahal.

Panjang Umur
     Pleco ini bisa bertahan hidup hingga 15 tahun. Pleco ini makannya sedikit. Kesukaannya pelet, dan blood worm atau cacing darah.

Tukang Sapu dari Amazon

     Pleco ini memang satu keluarga dengan ikan sapu-sapu. Ikan langka ini khas sungai Amazon, Amerika Selatan. Karena keunikannya, ikan pleco sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain pleco zebra, ada juga jenis lain seperti pleco polkadot. sedih bgt dibilang tukang sapu y...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...