GANGGANG COKLAT

Ganggang coklat atau Phaeophyceae adalah salah satu kelas dari dari ganggang berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Pigmen yang lebih dominan adalah pigmen xantofil yang menjadikannya ganggang berwarna coklat. Pigmen lain yang terdapat dalam Phaeophyceae adalah klorofil dan karoten. Semua ganggang coklat berbentuk benang atau lembaran, bahkan ada yang menyerupai tumbuhan tingkat tinggi dengan bagian-bagian serupa akar, batang, dan daun. Umumnya ganggang coklat bersifat makroskopis, dan dapat mencapai ukuran lebih dari 30 meter, dan mempunyai gelembung-gelembung udara yang berfungsi sebagai pelampung.
Hampir semua ganggang coklat terdapat di laut terutama di laut yang dingin.
Hidup di air laut terutama yang dingin, beberapa hidup di air tawar, menempel pada batu-batuan dengan alat pelekat (semacam akar = hold fast). Ganggang ini juga disebut rumput laut yang mempunyai gelembung udara sebagai pelampung. Berwarna kecoklatan karena mempunyai pigmen yang dominan fikosantin selain klorofil, karoten dan xantofil.alga ini banyak yang mengahsilkan algin (gel) yang dihasilkan dari marga Alaria, Macrocystis dan Laminaria.
Reproduksi vegetatif dengan fragmentasi, Zoospora dan aplanospora tanpa dinding dan Propagula yang merupakan cabang khusus dari talus yang mudah patah, sedangkan reproduksi generatif dengan anisogami, isogami dan oogami.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...