PEMBUATAN TERUMBU KARANG

Alat
Peralatan pokok yang digunakan adalah cetakan dan pengaduk beton. Cetakan dibuat dari bahan kayu atau plat besi yang dibuat sesuai dimensi kepingan/elemen modular terumbu karang yakni 60x60x5 cm. Untuk kepentingan praktis cetakan sebaiknya dibuat beberapa unit sekaligus sehingga mempercepat proses pencetakan. Penggunaan plastik cor pada cetakan juga akan membantu mempermudah ketika cetakan/bekisting dilepaskan.

Cara Pembuatan
Cetakan disiapkan diatas plastik cor, siapkan tulangan dari besi berdiameter 6 mm atau lebih sesuai bentuk cetakan. Jumlah tulangan disesuaikan dengan dimensi beton. Karena pembuatan modular beton terdiri dari 4 kepingan/elemen yang dirakit menjadi satu maka perlu disiapkan lubang dan pen sehingga mempermudah dalam perakitan modular dan tentunya dengan memperhatikan ketahanan hasil perakitan modular terumbu karang buatan. Selain itu perlu disiapkan pegangan pada tiap kepingan sebelum 


pelaksanaan pengecoran.
Campuran beton digunakan 1:2:3 setelah melakukan pengecoran pada cetakan dilakukan perawatan coran dengan menutupi coran dengan karung goni basah atau dilakukan penyiraman setiap hari. Pelepasan beton dari cetakan dilakukan setelah mencapai umur coran 7 hari, kemudian disimpan ditempat yang teduh dan pada umur 21 hari dapat dilakukan pengangkutan ke area peluncuran.

Peluncuran Ke Laut
Terumbu karang buatan yang telah disiapkan di area peluncuran, terlebih dahulu lembaran/kepingan terumbu karang dirakit terlebih dahulu menjadi modular terumbu karang. Pengangkutan ke area peluncuran area penempatan terumbu karang harus memperhatikan kemampuan kapasistas kapal yang digunakan dan penempatan terumbu karang buatan selama pengangkutan untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi. Ketepatan area peluncuran penempatan terumbu karang di dasar laut ditentukan terlebih dahulu menggunakan alat bantu kompas atau GPS dan echosounder. Peluncuran modular terumbu karang diikat dengan seutas tali dan diturun secara perlahan dan hati-hati hingga mencapai dasar perairan.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...