Cara Merawat Bulu, Kuku dan Kulit Anak Anjing

Agar anak anjing dapat tumbuh, lucu, dan sehat maka kita perlu merawat anak anjing tersebut dengan baik. Untuk merawat anak anjing memerlukan mengetahui tentang cara mengurus bulu, kulit, dan kuku. Sehingga bulu, kulit dan kuku anak anjing akan terlihat indah dan membuat kita merasa bahagia.

Grooming seharusnya dilakukan semenjak anak anjing baru tiba di rumah kita. Banyak pemilik berpikir bahwa memandikan atau menyikat bulu anak anjing di bawah usia enam bulan adalah suatu kesalahan besar. Mereka khawatir bahwa mandi akan membuat kulit menjadi kering, terjadi iritasi pada kulit, iritasi pada mata atau pemilik takut menyikat bulu anak anjing terlalu kasar sehingga dapat melukai kulitnya. Faktanya bahwa banyak anak anjing yang datang dari peternak atau penampungan anjing dengan bulu kotor atau bau ke klinik-klinik dokter hewan karena masalah kesehatan yang menggangu kulit. Sehingga anak anjing ini perlu dimandikan dan tentunya tidak akan membahayakan bagi anak anjing tersebut. Banyak sekali shampoo di pasar yang dirancang untuk anak anjing yang tidak meniritasi mata, lembut pada kulit dan bulu anak anjing. Setiap kali anak anjing kotor, maka seharusnya langsung dimandikan.

Cara Memandikan anak anjing

Di masa lalu, memandikan anjing dianggap dapat merusak bulu. Meskipun keyakinan ini tidak pernah teruji kebenarannya, baru-baru ini make-up dan fungsi bulu anjing 'telah dipahami. Biokimia, kulit dan rambut dari anak anjing normal sangat mirip dengan manusia. Kulit manusia dan anjing dan rambut terdiri dari protein dengan minyak sebagai pelumas. Shampoo Modern yang dirancang untuk anjing dari segala usia dan jenis bulu memungkinkan pemilik untuk mandikan hewan peliharaan mereka sesering yang diinginkan. Anak anjing rata-rata mungkin di mandikan setidaknya seminggu sekali. Sehingga hal ini akan mengurangi bau, menghilangkan ketombe, mengurangi minyak dan bakteri yang berlebih di bulu dan kulit, sehingga kulit akan menjadi sehat higienis dan mencegah infeksi kulit pada anak anjing.

Kebanyakan anak anjing, terutama yang sangat muda, akan senang jika kita mandikan. Mulailah dengan menyikat atau menyisir bulu untuk menghilangkan rambut mati dan kotoran pada bulu. Selanjutnya, berikan salep mata steril pada mata untuk memberikan lapisan pelindung pada mata. Siramlah bulu anak anjing dengan air hangat secara menyeluruh sampai menembus ke kulit. Setelah basah, Berilah shampoo pada bulu anak anjing seperti jika kita keramas pada rambut kita. Biarkan busa shampoo berada di bulu selama lima menit, lalu bilas hingga bersih. Kemudian keringkan bulu dengan handuk dan anak anjing kita angin-anginkan agar bulu cepat kering, jika kita mempunyai hair dryer maka pergunakanlah dengan pengaturan dingin jangan yang hanggat atau panas.
Jika anak anjing kita tidak suka terhadap air maka pergunakanlah Shampoo kering yang dapat kita terapkan pada bulu anak anjing tanpa menggunakan air.

Penyikatan atau penyisiran anak anjing

Manfaat menyikat bulu anak anjing muda sama baiknya dengan menyikat bulu anjing dewasa. Menyisir bulu anak anjing berguna untuk membersihkan bulu, menghilangkan rambut longgar, dan merangsang kelenjar minyak kulit. Cara menyikat bulu adalah pertama sisirlah dari arah berlawanan pertumbuhan bulu kemudian setelah selesai baru disisir sesuai alur bulu anak anjing tersebut. Lakukan dengan lembut, jangan dengan kasar karena anjing akan trauma jika kita menyisir dengan kasar.

Pemotongan Kuku Anak Anjing

Kuku anak anjing sebaiknya selalu dipantau jika sudah terlalu panjang maka lakukanlah pemotongan kuku tersebut. Kuku anjing dapat melukai pemilik atau merusak furnitur Anda. Melakukan pemotongan kuku anak anjing sebaiknya dilakukan sebulan sekali, karena pada 1 bulan tersebut kuku sudah agak panjang sehingga perlu untuk dirapikan kembali.

Demikian cara merawat bulu, kuku dan kulit anak anjing. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...